Batik Khas Ngawi Kian Diminati Kalangan Remaja

06 November 2012, 12:19:20 / Berita / Hits : 1656 / Posted by Administrator
Batik Khas Ngawi Kian Diminati Kalangan Remaja

Terbukti, dalam event fashion show batik tingkat pelajar SMP maupun SMA, diluar perhitungan ternyata pesertanya membludak. Seperti yang terlihat di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, puluhan remaja mengenakan pakaian batik khas Ngawi yang bernuansa modern dengan sentuhan apik, tanpa canggung berpose diatas catwalk (31/10).

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Perekonomian dan UMKM Kabupaten Ngawi, Sofyan.SH.M.Hum, fashion show batik saat ini diikuti sekitar 49 remaja dari pelajar SMP dan 56 pelajar SMA. “Event tersebut sebagai inovasi untuk lebih memperkenalkan batik ke kalangan remaja sehingga harapan kita potensi pasar kedepanya cukup terbuka lebar dan untuk penganekaragaman dan pengembangan industri batik khas Ngawi, agar menembus pasar dengan memenuhi selera konsumen,” terangnya.

 

Apalagi motif batik yang ditampilkan berbagai corak sesuai ciri khas budaya Ngawi. “Yang disajikan lewat fashion show batik tersebut merupakan hasil dari perajin batik yang tersebar diwilayah Ngawi seperti dari Desa Banyubiru, Munggut, Jenggrik dan Gentong, mudah-mudahan batik khas Ngawi ini makin berkembang,” ujar Sofyan.SH.M.Hum.

 

Selain itu fashion show batik khas Ngawi tersebut tambah Sofyan, disajikan bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat pada produk-produk batik, karena di Kabupaten Ngawi banyak perajin batik yang terus mengembangkan batik khas Ngawi sesuai motifnya. Kemudian pada akhir acara fashion show batik ini Bupati Ngawi, Ir Budi Sulistyono, beserta stafnya kebagian jatah untuk tampil mempromosikan batik daerahnya diatas catwalk.

 

Pada kesempatan yang sama Ir Budi Sulistyono mengungkapkan, batik merupakan potensi daerah yang sedang dikembangkan sebagai penguatan sistem perekonomian didaerahnya. “Ternyata respon kalangan remaja sendiri sangat luar biasa terkait batik Ngawi,” paparnya.

Jelasnya lagi, meski masih merupakan investasi perorangan, namun pihak Pemkab Ngawi tengah berupaya mengenalkannya hingga ke kota-kota besar di Indonesia. Dan untuk menghadapi persaingan pasar batik di dalam negeri, pihaknya terus memberikan terobosan berupa pelatihan dan melakukan orientasi pasar sebelum memproduksi batik khas kota Ngawi.


Berita Lainnya :

Tinggalkan Komentar Anda

Nama
URL
Komentar
Kode Verifikasi 191 + 3 = ?

Sosial Media

Facebook
Twitter

Link Terkait

Kabupaten Ngawi
Provinsi Jatim

Jajak Pendapat

Desain website ini menurut anda?

Statistik Pengunjung

Pengunjung Saat Ini 1
Total Hits 107651
Total Pengunjung 35729
IP Anda 54.161.191.254